Mengetahui Fungsi System File Checker

Salah satu kemudahan yang disediakan Vista adalah fasilitas System File Checker yang mengizinkan administrator untuk melakukan scan pada semua resource sistem operasi Anda, untuk mengetahui apakah semua yang terinstal adalah versi yang tepat.

Jika System File Checker tersebut mengetahui adanya versi yang tidak sesuai, maka sistem akan memunculkan warning untuk menggantinya dengan yang benar. Berikut ini adalah cara untuk mengakses, dan menggunakan system file checker :

1. Klik tombol Windows – All Programs – Accessories.
2. Klik kanan pada opsi command prompt pada list menu di bawah folder Accessories, dan pilih Run as Administrator dari menu yang ada.
3. Jendela Command Prompt akan muncul, ketikkan perintah berikut ini : “sfc/scannow”, dan tekan Enter. *(tanpa tanda kutip)
4. Kini, Anda akan menerima pesan yang menyatakan bahwa proses scan akan dimulai.
5. Sistem akan memberitahukan Anda seberapa jauh proses scan telah berjalan, dengan melakukan estimasi dari persen.
6. Jika System File Checker menemukan file yang perlu diganti, Anda mungkin akan diperintahkan untuk memasukkan CD Windows Anda. Tapi jika proses scan berlangsung tanpa menemukan masalah, Anda akan menerima pesan berikut : Windows resource protection did not find any integrity.
7. Setelah scan selesai, tutup jendela command prompt Anda.



Comments :

1
Anonymous said...
on 

Siiip nich..
mesti di coba..

Post a Comment

 

Followers